Home » , » Cara Budidaya Ikan Arwana Yang Mudah Bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Arwana Yang Mudah Bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Arwana Yang Mudah Bagi Pemula, Kali ini saya akan membagikan tips usaha yang rasa-rasanya perlu anda coba. Mengapa demikian? Karena saya rasa peluang usaha ikan arwana ini memiliki prospek yang sangat bagus. Hal itu terjadi karena ikan yang satu ini memiliki peminat/pecinta yang mayoritas adalah orang-orang yang ekonominya tercukupi.

Ikan arwana ini, tergolong ikan hias yang mahal dan termasuk kategori dalam binatang peliharaan yang mewah dan itu pasti hanya orang-orang kaya sajalah yang menjadi peminat dari ikan yang identik dengan tubuh yang panjang ini.

Terbukti dengan harga mulai ratusan ribu hingga puluhan juta, ikan ini tergolong ikan yang mampu memikat peminatnya walaupun harga yang menurut saya termasuk harga yang fantastis, namun untuk pecintanya yang mayoritas orang-orang kaya, itu bukan sebuah kendala untuk bisa mendapatkannya untuk hiasan di dalam rumah.

Jadi, anda dapat mengambil kesempatan dalam hal ini untuk membudidayakan ikan arwana sebagai usaha sampingan di rumah. Selain waktu yang di butuhkan tidak terlalu banyak untuk mengelola bisnis ini, tempat pun tidak perlu luas, karena budidaya ikan arwana bisa juga dijalankan melalui media Aquarium.

Tips usaha membudidayakan ikan hias arwana di rumah lewat aquarium
ilustrasi ikan arwana

Bagaimana, apakah anda berminat untuk menjalankan usaha ini? jika iya, silahkan simak cara budidaya dan media apa saja yang perlu anda siapkan berikut ini :

# Menyiapkan Media Budidaya Arwana

Dalam usaha ini, ada dua media yang bisa anda pilih, bisa aquarium dan juga kolam. Saya sarankan agar anda mencoba media dari aquarium saja, karena selain tempat yang tidak terlalu luas, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membuat kolam.

Namun jika anda memiliki tanah yang luas dan juga ingin menjadikan usaha budidaya arwana ini sebagai usaha utama anda, maka saya sarankan untuk memakai media kolam saja.

Ikan arwana menyukai air yang jernih, jadi usahakan agar air dalam media selalu mengalir. Jika anda menggunakan media aquarium, anda bisa memasang aerator agar air selalu mengalir sekaligus menyedot kotoran yang berasal dari kotoran ikan dan juga sisa-sisa makanan ikan.

Selain itu, kadar PH air juga harus di perhatikan. Kadar PH air yang baik yaitu pada kisaran 6 – 7, sedangkan untuk suhu air yaitu 25 hingga 30 derajat celcius. Berikan juga batu-batuan dalam media budidaya arwana, agar media terlihat alami sehingga membuat ikan merasa nyaman dan tidak mudah stress. Baca juga usaha sampingan budidaya ikan cupang

# Sediakan Indukan Arwana Yang Unggul

Ikan arwana dapat diternak atau dikembangbiakkan yaitu pada usia 4 tahunan. Pilih indukan yang benar-benar berkualitas agar dapat menghasilkan anakan yang berkualitas pula nantinya. Selain itu anda juga dituntut untuk paham cara membedakan antara ikan arwana pejantan dan betinanya.

Sedikit saran, pilihlah arwana yang memiliki postur yang baik dan tidak cacat. Dilihat dari sungut yang sama panjang dan lengkap, kemudian pilih ikan yang badan lurus, tidak bengkok, karena ikan arwana yang bengkok itu konon tidak bisa bertelur. Pilih arwana yang memiliki mata yang normal, tidak menonjol, mulut arwana lebar serta dower.

# Proses Pengembangbiakkan Ikan Arwana

Ikan arwana lumayan mudah untuk berkembang biak. Jika anda memasukkan ikan arwana lawan jenis dalam satu media, maka dengan cepat ikan itu akan jodoh dengan sendirinya.

Ikan arwana yang bisa dikatakan sudah jodoh yaitu apabila kedua ikan selalu berenang berdampingan, selain itu, ikan arwana juga akan berenang memutar dengan kepala dan ekor saling menempel satu sama lain.

Jika hal itu terjadi, ikan betina akan mengeluarkan telur yang kemudian dibuahi oleh pejantannya dengan cara memasukkan kedalam mulut sang pejantan hingga menetas menjadi larva ikan.
Baca juga artikel tentang usaha sampingan budidaya ikan louhan media aquarium

# Perawatan Anakan Ikan Arwana

Apabila anakan ikan telah menetas, anda dapat memberikan makanan berupa cacing sutera, hal ini karena anakan ikan yang masih kecil tersebut membutuhkan sumber protein yang tinggi, dan itu dapat didapatkan daric acing sutera ini sehingga pertumbuhan anakan ikan dapat maksimal.

Jangan lupa untuk memindahkan indukan arwana, agar anakan ikan tidak menjadi santapan induknya sendiri. Anda juga dapat memberikan vitamin atau obat buat pertumbuhan ikan arwana yang bisa anda dapatkan di toko pakan ikan hias terdekat.

Selalu jaga kebersihan media, agar ikan tumbuh dengan optimal dan juga sehat. Dan juga sekali-kali untuk menjemur ikan pada pagi hari, agar ikan menjadi lebih lincah dan agresif. Karena ikan arwana yang agresif juga merupakan penentu harga jualnya.




Tips usaha membudidayakan ikan hias arwana di rumah lewat aquarium

# Panen

Ikan arwana dapat dipanen yaitu pada ukuran 25 cm hingga 40 cm. Karena pada ukuran itu, peminatnya sangat banyak dan merupakan yang paling laris dipasaran.

Proses pemanenan seharusnya dilakukan dengan sangat berhati-hati agar ikan tidak terluka sehingga menimbulkan cacat pada tubuhnya. Karena apabila ikan arwana cacat, maka harga jualnya pun akan turun dan juga mengurangi minat pembeli pada umumnya.

Itulah beberapa tips bagaimana untuk membudidayakan ikan arwana ini sebagai usaha sampingan yang dapat menghasilkan dan patut anda coba. Baca juga usaha kreatif budidaya jamur tiram

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan share sesuai media sosial yang anda sukai dibawah ini, siapa tahu kerabat ataupun teman anda sedang ingin membuka usaha sampingan. Dan selain itu, merupakan penyemangat tersendiri bagi penulis untuk terus membagikan tips usaha ternak maupun budidaya lagi kedepannya.