Home » , » Cara Ternak Kroto Di Rumah, Usaha yang Menjanjikan

Cara Ternak Kroto Di Rumah, Usaha yang Menjanjikan

Budidaya kroto di rumah merupakan suatu usaha yang menjanjikan, karena kroto adalah salah satu makanan untuk hewan pelihara'an khususnya yaitu burung. Apalagi pecinta burung sekarang ini begitu banyak dan pastinya kebutuhan pasar untuk kroto ini begitu besar pula.

Kita ketahui dulunya untuk menghasilkan kroto yaitu harus mendapatkannya dari alam. Sedangkan dari alam sendiri sudah tidak begitu sanggup untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap permintaan kroto yang semakin hari terus bertambah. Ini mungkin disebabkan karena cara pemburu kroto alam tidak mengambil kroto dengan cara yang  benar, sehingga menimbulkan tidak kestabilan pertumbuhan kroto di alam itu sendiri.

Cara Budidaya Kroto Di Rumah, Usaha yang Menjanjikan.
mata pencaharian.com

Lantas bagaimana agar kebutuhan kroto ini dapat terpenuhi, yaitu dengan melakukan pembudidayaan atau peternakan kroto itu sendiri. Selain sebagai langkah penyeimbang alam terhadap keberadaan kroto, juga berfungsi sebagai suatu usaha yang patut anda coba. Selain cara-caranya yang mudah, ternak kroto ini juga tidak begitu menyita banyak waktu, sehingga cocok bagi siapapun.

Dan bagi anda yang benar-benar ingin mencoba usaha ini, saya akan memberikan panduan mengenai bagaimana caranya untuk membudidayakan kroto, simak baik-baik langkah-langkah berikut ini.

# Persiapan Dalam Ternak Kroto di Rumah.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan melalukan persiapan dalam usaha ini, yang meliputi persiapan kandang atau media budidaya, penyediaan bibit kroto, dan persiapan pakan semut rangrang.

1. Media Beternak Kroto.

Penyediaan media merupakan persiapan awal untuk menjalankan usaha kroto ini. Karena media adalah sebagai tempat ataupun lahan yang akan digunakan dalam berwirausaha nantinya.

Media untuk ternak kroto itu sendiri sangat simple dan tidak membutuhkan biaya yang begitu besar. Anda bisa menggunakan media dari toples plastik, pipa paralon, dan bisa juga dengan potongan bambu.

Namun khusus pipa paralon, mungkin modal yang di butuhkan akan lumayan banyak, tapi kelebihan pipa paralon, medianya dapat digunakan secara berkelanjutan, selain itu di dalam ruang pipa sangat disukai semut rangrang untuk menghasilkan kroto karena kondisi yang gelap.

Baca juga : Cara ternak jangkrik dengan hasil melimpah


2. Bibit Kroto

Dalam pemilihan bibit usahakan yang benar-benar unggul dan kondisi semut yang sehat, dengan ditandai dengan kelincahan dan keganasannya menjaga telur-telurnya atau kroto itu sendiri.

Sedangkan untuk mendapatkan bibit kroto itu sendiri, anda dapat membeli bibit kroto langsung dari peternak atau anda dapat langsung mencari di alam. Ketika anda memilih untuk mengambil bibit dari alam, usahakan jangan terlalu banyak semut-semut rangrang yang kabur, apalagi sang ratu semut. Tentu ini akan memerlukan keahlian khusus.

Jadi saya sarankan untuk membeli saja langsung pada peternak, selain lebih praktis, anda juga dapat menjalin silaturahmi dengan peternak agar usaha anda memiliki peluang kelancaran yang besar kedepannya.

# Perawatan Dalam Budidaya Kroto

Perawatan disini merupakan kunci utama keberhasilan anda dalam menjalankan usaha ini, mengapa demikian? karena dengan perawatan yang baik dan benar akan menentukan seberapa banyak kroto yang dapat anda hasilkan nantinya.

Dalam perawatan usaha ini, anda dituntut untuk memberikan pakan dengan takaran yang benar, menjaga kebersihan dan juga keamanan media dari gangguan yang bisa timbul.

Cara Budidaya Kroto Di Rumah, Usaha yang Menjanjikan.
jualbibitkroto .com

# Panen Kroto

Kroto sudah dapat dipanen yaitu pada usia 2 bulan, namun menurut ahli dalam bidang ini, ada kalanya pemanenan kroto itu dilakukan 3 bulan sekali. Hal itu karena semut rangrang pun butuh regenerasi, agar semut yang baru tersebut dapat menggantikan posisi semut yang sudah tua.

Untuk hasil seberapa banyak panen yang dapat anda peroleh dalam usaha budidaya kroto ini, itu tergantung seberapa banyak toples atau media yang anda jalankan. Namun menurut informasi dari peternak, biasanya dalam satu toples itu akan menghasilkan 1 ons kroto. Jadi tinggal anda kalikan dengan jumlah toples yang anda gunakan dalam ternak kroto ini.

Mungkin itulah langkah-langkah bagaimana memulai usaha budidaya yang satu ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa share yaa gan, siapa tahu teman atau sanak family anda sedang membutuhkan inspirasi mengenai usaha sampingan ini. Terima kasih.